DAIHATSU DAN TOYOTA KOLABORASI BIKIN MOBIL MURAH DI INDONESIA !

Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dikabarkan akan produksi mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC). Kabar tersiar jika Daihatsu dan Toyota akan bekerja sama melahirkan mobil murah untuk masyarakat Indonesia.

Ide ini seperti yang dilakukan kedua pabrikan pada Toyota Rush dan Daihatsu Terios, serta Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Daihatsu pun memberikan penjelasan soal kerja sama tersebut.

"Kolaborasi! Secara matang ada, tapi belum ke arah sana. Makanya belum clear," tegas Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor, Rio Sanggau dalam acaa 'Mudik Bersama Sahabat Daihatsu' di Gudang Logistik Daihatsu jalan Danau Sunter Selatan blok o5 no. 1, Sabtu (11/8/2012).

Saat ini lanjut Rio, ADM tengah menunggu regulasi dari pemerintah. Setelah itu, kabar kerjasama kedua pabrikan bisa diberitakan. Pasalnya program ini menyangkut perundingan antara kedua belah pihak.

"Mobil murah, sekarang ini peraturan belum jelas walau saya denger akhir Agustus, tapi belum clear, jadi kita belum bisa ngomong banyak," sahut Rio. "Kita tidak pajang (di IIMS 2012), buat apa kalau ada peraturan kita pajang," tegasnya.

Rio menjelaskan mobil murah tersebut ditujukan untuk keluarga Indonesia yang masih merasa kemahalan dengan Daihatsu Xenia.

"Rancangan mobil keluarga, targetnya mobil kelaurga. Untuk masyarakat kelas di bawah, membeli kendaaan baru agak sulit. Yang pakai motor untuk lompat ke Xenia terlalu jauh," tutupnya.