MENJAGA WARNA CAT KENDARAAN SELALU SEPERTI BARU

Pada saat ini tampaknya kendaraan dengan menggunakan warna cat putih tampaknya sudah menjadi trend, tapi tak jarang sering kita jumpai kendaraan yang berwarna putih ini berubah warna kecoklatan, alias kotor.

Warna putih memang memiliki kesan anggun, bersih selain itu juga terkesan elegan. Tapi pemilihan warna ini pada sebuah kendaraan harus mengetahui risiko yang akan sering dihadapinya, yaitu mudah kotor.

Sebenarnya kata mudah kotor ini pada semua warna kendaraan sama saja, hanya pada penggunaan warna putih akan lebih mudah terlihat dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan warna gelap seperti hitam tentunya.

Dengan kata lain, jika Anda memilih kendaraan berwarna putih tentunya juga harus memiliki kebiasaan yang bersih. Jika Anda termasuk kategori seperti itu, sangat wajar jika memilki kendaraan berwarna putih.

Apabila kegiatan keseharian Anda tidak memungkinkan untuk bisa menyempatkan diri dalam merawat khususnya body dan cat kendaraan, maka kendaraan yang berwarna gelap akan sangat cocok bagi Anda.

Perawatan setiap warna cat pada kendaraan pada dasarnya memilki prinsip yang sama hanya tingkat atau frekuensi dalam membersihkan akan lebih banyak dilakukan pada kendaraan dengan balutan cat warna putih.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat cat kendaraan Anda. Dari cara yang mudah hingga memerlukan dana hingga jutaan rupiah bisa dilakukan. Yang pertama dan paling mudah adalah kebiasaan mencuci kendaraan dengan menggunakan shampo khusus untuk kendaraan.

Memang dalam hal ini sering kali orang malas untuk melakukannya dan lebih memiliki car wash pada akhir pekan. Car wash memang sangat penting dan bagi yang sering mencuci kendaraan sendiri di rumah juga dianjurkan minimal 1 bulan 1-3 kali mencucikan kendaraan pada tempat ini tergantung aktifitas keseharian Anda.

Mungkin Anda bertanya, mengapa harus sesekali dicucikan di tempat pencucian, sedangkan Anda merasa mampu melakukan setiap akhir pekan. Alasan utama adalah, tempat cuci kendaraan memilki mesin pengangkat hidrolik.

Dengan menggunakan alat ini maka kerak dan kotoran yang berada di bawah kendaraan akan dapat dibersihkan dengan menggunakan alat semprot air bertekanan tinggi yang tidak bisa dilakukan di rumah tentunya.

Dengan begitu, perawatan sektor kaki-kaki dan bagian bawah kendaraan dapat terjaga dari munculnya kerak dan karat yang dapat membuat umur beberapa part cepat aus. Kemudian cara kedua adalah dengan melakukan poles atau salon kendaraan. Proses ini memang memerlukan dana sedikit lebih banyak dan juga memerlukan waktu hingga beberapa jam.

Keuntungan dari cara kedua ini adalah melindungi warna cat kendaraan baik dari sinar matahari, kemudian warna cat akan kembali berkilau dan yang terakhir akan sangat memudahkan dalam membersihkan kotoran yang menempel setelah hujan.

Yang terpenting dalam hal ini juga adalah rajin tidaknya dalam membersihkan kendaraan setelah melakukan poles. Karena jika kebersihan selalu terjaga kemungkinan melakukan poles kembali bisa dilakukan sekitar 4 bulan sekali.

Dan cara ketiga atau terakhir adalah dengan menggunakan Paint Protection. Cara ini biasanya orang lakukan saat pertama kali membeli sebuah kendaraan apalagi yang menggunakan warna putih. Tapi cara ini memerlukan biaya hingga jutaan rupiah.

Berbagai merk Paint Protection yang beredar di Indonesia menawarkan berbagai keuntungan dan manfaat dari penggunaannya. Tetapi setiap merk kadang juga memilki berbagai syarat yang harus dihindari setelah menggunakannya. Nah, semua tergantung dari pribadi masing-masing dalam melakukan perawatan pada cat kendaraan.